Apa Itu Flanel

Flanel adalah kain berkabu yang ringan dan lembut. Dalam kamus KBBI flanel adalah kain panas yg berkabu-kabu. Kain flanel terbuat dari serat wol, tanpa ditenun. Disebut juga kain panas karena proses pembuatannya dengan wet felting, yaitu proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel yang beragam tekstur dan jenisnya (wikipedia). Kadang juga dikombinasikan dengan katun atau serat sintesis.
Berdasarkan sejarahnya, flanel adalah jenis kain tertua bahkan lebih tua dari kain tenun dan rajut. Penggunaan kain flanel diperkirakan sejak 6500 SM di Turki. Ada juga yang mengatakan dibuat sejak abad ke-17, dan populer di Wales. Jenis kain flanel terumit ditemukan dalam bentuk awetan di siberia pada tahun 600 M. Legenda dari Sumeria mengklaim bahwa pembuatan flanel untuk pertama kalinya ditemukan oleh seseorang yang bernama Urnamman. Tradisi membuat kain flanel juga masih dipraktikan oleh kaum nomadic di Asia Tengah untuk membuat permadani, tenda atau pakaian.
Di Amerika Utara, flanel sering dikaitkan dengan pakaian para penebang pohon, petani dan ahli kayu. Ini mungkin karena popularitasnya di antara para pekerja kelas menengah yang menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Sehingga mereka menggunakan pakaian dari bahan tersebut untuk memberikan kehangatan di lingkungan yang dingin. (sumber: anneahira.com)
Flanel menjadi kain yang diterima dalam budaya pop Amerika di awal 1990-an, berkat munculnya musik grunge. Band Grunge di Seattle, Washington, di Amerika Serikat dan Vancouver, British Columbia, di Kanada. Mereka mengenakan pakaian flanel untuk memerangi cuaca dingin yang ekstrim dari lingkungan mereka.  Dan biasanya juga digunakan untuk membuat piyama musim dingin bagi anak-anak dan orang dewasa. Oleh karena itu, kain ini menjadi fashion item trendi selama beberapa tahun di Amerika Utara. (sumber: anneahira.com)
Berbeda dengan Australia dan Selandia Baru, flanel memiliki reputasi sedikit kurang baik. Hal ini terkait dengan warga kelas rendah yang dikenal sebagai Bogans. Stereotip ini berlaku untuk orang-orang yang tidak berpendidikan, dan latar belakang berbudaya. Flanel shirt yang dikenakan oleh Bogans biasanya disebut sebagai flanny atau flanno. (sumber: anneahira.com)
Saat ini flanel telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Disamping mudah dijumpai di pasaran, harganya juga relatif terjangkau. Orang-orang kini menggunakannya bukan hanya sebagai bahan pakaian, seni tekstil namun juga sebagai kerajinan tangan.  Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Oleh karena itu sangat cocok untuk dibuat kerajinan tangan.

http://rejekinomplok.net/kerajinan-tangan-dari-kain-flanel/
Latest


EmoticonEmoticon